Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Sampai Bos Tahu, ini 7 Cara Ampuh Agar Lolos Training Kerja


Apa itu Training Kerja ?

Training kerja adalah suatu program pelatihan yang ditujukan untuk mempersiapkan seseorang agar memiliki keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman yang dibutuhkan untuk sukses dalam pekerjaan tertentu. Pelatihan kerja dapat berupa pelatihan teknis untuk meningkatkan keterampilan teknis dan keahlian dalam bidang tertentu, atau pelatihan non-teknis seperti pelatihan manajemen atau pelatihan interpersonal untuk meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi, bekerja sama dengan orang lain, dan memimpin.

Program pelatihan kerja dapat dilakukan oleh perusahaan, lembaga pelatihan, atau organisasi lainnya. Pelatihan kerja dapat dilakukan sebelum seseorang mulai bekerja atau selama mereka bekerja, dan biasanya mencakup materi tentang tugas pekerjaan, kebijakan perusahaan, dan prosedur operasional standar yang harus diikuti.

Tujuan dari pelatihan kerja adalah untuk membantu seseorang mempersiapkan diri dengan baik untuk bekerja secara efektif, meningkatkan keterampilan dan keahlian, serta meningkatkan kemampuan untuk berkontribusi pada kesuksesan organisasi.

Training kerja di perusahaan Sawit

Seperti perusahaan pada umumnya, diperusahaan sawit juga ada yang namanya program training. program training diperusahaan sawit sering disebut  Management Trainee (MT) atau ada juga yang memberikan nama program trainingnya  Management Development Program (MDP). Apapun itu namnay tujuan tetap sama yaitu memberikan pelatihan dan pengembangan kepada calon karyawan.

Program Management Trainee biasanya ditujukan untuk calon karyawan yang masih fresh graduate. Namun  jika mengambil recruitan dari kandidat berpengalaman maka biasanya hanya akan menjalani percobaan saja selama 3 bulan atau diberikan kontrak PKWT sebelum diangkat menjadi karyawan tetap.

Perusahaan Sawit mana saja yang membuka Management Trainee 

Ada banyak perusahaan yang melakukan program Management Trainee , Mulai dari perusahaan sawit yang besar sampai yang kecil. beberapa di antaranya :
  1. PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ)  dengan program Program Management Trainee (MT). 
  2. PT Asian Agri dengan program Graduate Trainee Plantation Center of Excellence (TPCE).
  3. PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk. (SSMS) dengan program Pelatihan Kepemimpinan Perkebunan Pratama (PKPP).
  4. PT.Teladan Prima Agro (TPA) dengan program Teladan Development Program (TDP).
  5. PT Astra Agro Lestari, Tbk (AAL) dengan program Planter Development Program (PDP).
  6. PT Dharma Satya Nusantara Tbk  (DSN) dengan program DSN Young Talent Development Program (DYTDP).
  7. dan masih banyak lagi yang lainya..

Tips agar lolos training atau percobaan kerja

Selama menjalani training biasanya karyawan akan diberikan percobaan kerja 3 bulan. Namun jika mengikuti program management trainee diperusahaan sawit biasanya calon karyawan akan di lakukan PKWT dengan dalih ikatan dinas selama 2 tahun. Oleh karena itu agar peluang lolosnya diterima sebagai karyawan tetap tinggi,maka berikut ini ada beberapa tips yang patut dicoba.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda lolos dalam percobaan atau pelatihan kerja:

1. Persiapkan Diri Anda dengan Baik: 

Pelajari materi yang akan diajarkan, pahami syarat dan ketentuan pelatihan, dan persiapkan diri Anda dengan baik sebelum menghadiri pelatihan tersebut. Setelah mempelajari materi,lalu Familiarisasi diri dengan prosedur dan aturan perusahaan tempat Anda akan menjalani pelatihan.

Selain mempelajari materi training,Anda juga harus  melakukan riset tentang perusahaan tempat Anda akan menjalani pelatihan. Ketahui misi, visi, dan nilai-nilai perusahaan tersebut. Ini akan membantu Anda lebih baik mengintegrasikan diri ke dalam budaya perusahaan.

2. Jadilah Pekerja Keras: 

Jadilah orang yang rajin dan gigih dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan selama pelatihan. Jangan takut untuk bertanya jika ada hal yang kurang jelas.

Berusahalah untuk memberikan hasil terbaik dalam tugas-tugas yang Anda berikan. Fokus pada kualitas dan ketepatan waktu dalam pekerjaan Anda.

3. Tunjukkan Kepribadian Anda yang Positif: 

Berusahalah untuk selalu bersikap positif, sopan, dan ramah terhadap instruktur dan peserta pelatihan lainnya. Ini akan membantu menciptakan lingkungan yang menyenangkan dan produktif.

Kepribadian yang paling penting adalah tunjukkan kepada atasan Anda bahwa Anda sangat berantusias untuk belajar dan berkontribusi.

4. Ambil Kesempatan: 

Ingatlah tujuan Anda mengikuti pelatihan, dan fokuslah pada pencapaian tujuan tersebut. Cobalah untuk menunjukkan kemampuan Anda dan jangan takut untuk berbicara saat Anda memperoleh kesempatan untuk melakukannya.

Jika Anda memiliki waktu dan energi ekstra, cobalah untuk mengambil tanggung jawab tambahan yang relevan dengan pelatihan Anda. Misalnya, jika Anda sedang belajar tentang manajemen proyek, mungkin Anda dapat membantu dalam proyek-proyek kecil yang sedang berlangsung.

5. Disiplin yang Tinggi: 

Jaga konsistensi dalam partisipasi Anda dalam pelatihan. Jangan absen atau terlambat datang, dan jangan meninggalkan pelatihan sebelum waktunya.

Sangat penting agar tiba tepat waktu dan mematuhi aturan dan etika kerja perusahaan.

6. Pantang Menyerah: 

Selama pelatihan, buat rencana pembelajaran pribadi yang mencakup tujuan jangka pendek dan jangka panjang Anda. Identifikasi keterampilan atau pengetahuan yang ingin Anda tingkatkan selama pelatihan.

Jika Anda membuat kesalahan selama pelatihan, jangan terlalu keras pada diri sendiri. Kesalahan adalah bagian normal dari proses pembelajaran. Yang penting adalah bagaimana Anda mengatasi dan belajar dari kesalahan tersebut.

7. Tetap Terhubung: 

Tetap terhubung dengan instruktur dan peserta pelatihan lainnya setelah pelatihan selesai. Ini dapat membantu Anda membangun jaringan dan hubungan yang kuat, dan membantu Anda mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.

Nah itulah beberapa tips ampuh cara agar lolos training kerja,semoga bermanfaat dan semoga Anda lolos percobaan kerja.

Hanaka
Hanaka Paham Kesehatan, tertarik dengan Bisnis,Financial, Technology,Otomotif, Fashion & Beauty,Culinary.

Posting Komentar untuk "Jangan Sampai Bos Tahu, ini 7 Cara Ampuh Agar Lolos Training Kerja"