Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Masih Terbuka Lebar, Seperti Inilah Jenjang Karir di Perkebunan Kelapa Sawit


Perusahaan kelapa sawit adalah industri yang luas dan menawarkan berbagai peluang karir untuk karyawan dengan berbagai latar belakang pendidikan dan keterampilan. Berikut adalah beberapa jenjang karir umum di perusahaan kelapa sawit:

Jenjang Karir Karyawan Sawit :

Karyawan: 

Karyawan bertanggung jawab untuk menanam, merawat, dan memanen kelapa sawit. Mereka biasanya memulai karir mereka sebagai pekerja kebun atau operator mesin dan dapat naik pangkat menjadi mandor dan kemudian mandor 1.

Supervisor kebun/Asisten Agronomi: 

Supervisor kebun memimpin dan mengawasi kegiatan karyawan di kebun kelapa sawit. Mereka memastikan bahwa tugas-tugas dilakukan dengan benar dan memantau kualitas dan kuantitas produksi. Supervisor kebun biasanya memulai karir mereka sebagai mandor dan dapat naik pangkat setelah beberapa tahun bekerja. 

Namun jika kalian mengikuti program Manajemen Trainee, kalian dapat langsung menjadi Supervisor kebun setelah lulus nanti. namun syarat untuk menjadi Supervisor melalui jalur MT terbilang cukup berat,minimal pendidikan kalian adalah S1 dengan IPK tertentu dan harus lulus program MT.

Manajer kebun / Estate Manager: 

Manajer kebun bertanggung jawab atas keseluruhan operasi kebun kelapa sawit, termasuk perencanaan dan pengawasan produksi, pengadaan dan manajemen sumber daya, dan manajemen staf. Mereka biasanya memulai karir mereka sebagai supervisor kebun dan dapat naik pangkat setelah beberapa tahun bekerja.

Manager Traksi / Sipil: 

Insinyur kelapa sawit bertanggung jawab atas perencanaan, desain, dan pengembangan infrastruktur dan peralatan di perusahaan kelapa sawit. Mereka biasanya memiliki latar belakang pendidikan teknik dan dapat memulai karir mereka sebagai teknisi atau operator mesin.

Manajer keuangan: 

Manajer keuangan bertanggung jawab atas manajemen keuangan dan akuntansi perusahaan kelapa sawit. Mereka memantau laporan keuangan, membuat anggaran, dan memastikan kepatuhan terhadap peraturan keuangan dan pajak yang berlaku. Mereka biasanya memiliki latar belakang pendidikan di bidang keuangan atau akuntansi dan dapat memulai karir mereka sebagai akuntan atau analis keuangan.

Manajer operasi: 

Manajer operasi bertanggung jawab atas pengelolaan operasi harian perusahaan kelapa sawit, termasuk produksi, logistik, manajemen staf, dan pengawasan kualitas. Mereka biasanya memiliki latar belakang pendidikan di bidang manajemen atau teknik dan dapat memulai karir mereka sebagai supervisor atau manajer departemen yang berbeda.

General Manajer : 

General Manager adalah pemimpin tertinggi dikebun dan pabrik yang bertanggung jawab mengelola seluruh kegiatan operasional kebun dan pabrik, baik yang bersifat teknis maupun nonteknis. Mereka biasanya memulai karir mereka sebagai manajer kebun / Estate Manager.

Direktur Operasional/Plantation :

Ini adalah jabatan tertinggi dalam karir seoran planters diluar komisaris dan pemegam saham. Tugas direktur adalah melakukan fungsi manajemen seperti merencanakan, mengoordinasikan, mengarahkan, mengendalikan, dan melaksanakan kegiatan operasional yang ada kaitanta dengan aspek agronomi. Mereka biasanya memulai karir mereka sebagai General Manajer  selama sekian lama sampai pada titip puncak karirnya.

Penutup

Tentu saja, masih banyak jenjang karir lainnya di perusahaan kelapa sawit yang tidak tercantum di atas, tergantung pada kebutuhan perusahaan dan keahlian karyawan. Namun, umumnya, karyawan dapat memulai karir mereka di perusahaan kelapa sawit dengan posisi yang lebih rendah dan naik pangkat setelah beberapa tahun bekerja dan menunjukkan kemampuan dan prestasi yang baik.


Hanaka
Hanaka Paham Kesehatan, tertarik dengan Bisnis,Financial, Technology,Otomotif, Fashion & Beauty,Culinary.

Posting Komentar untuk "Masih Terbuka Lebar, Seperti Inilah Jenjang Karir di Perkebunan Kelapa Sawit"