Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gambaran Management Trainee (MT) di Perusahaan Sawit

Apa itu Management trainee (MT)

Management trainee adalah program pelatihan yang dirancang untuk membekali calon pemimpin atau manajer dengan keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman yang diperlukan untuk memimpin organisasi di masa depan. Program pelatihan ini biasanya ditawarkan oleh perusahaan besar atau korporasi, dan bertujuan untuk mencari bakat-bakat terbaik dan mengembangkan mereka menjadi pemimpin atau manajer yang kompeten dan efektif.

Program pelatihan manajemen biasanya berlangsung selama beberapa tahun, dan mencakup pelatihan teknis dan non-teknis. Pelatihan teknis dapat mencakup pelatihan khusus dalam bidang tertentu, seperti keuangan, pemasaran, atau teknologi informasi. Pelatihan non-teknis dapat mencakup pelatihan dalam kepemimpinan, komunikasi, dan manajemen waktu.

Selama program pelatihan manajemen, trainee akan diberi tugas-tugas dan proyek-proyek yang menantang, serta kesempatan untuk belajar dari manajer senior dan pemimpin perusahaan. Program pelatihan manajemen juga dapat mencakup rotasi pekerjaan atau penempatan di berbagai divisi atau cabang perusahaan.

Tujuan Management trainee (MT)

Tujuan dari program pelatihan manajemen adalah untuk mempersiapkan trainee agar siap memimpin organisasi di masa depan. Setelah menyelesaikan program pelatihan, trainee biasanya ditempatkan di posisi manajemen atau kepemimpinan dalam organisasi, dan diberi tanggung jawab untuk memimpin tim atau divisi.

Manfaat Management trainee (MT)

Manfaat mengikuti Management trainee adalah dapat meningkatkan keterampilan dan keahlian kita. Program management trainee biasanya mencakup keterampilan teknis yang spesifik untuk industri atau bidang tertentu. Pelatihan tersebut membantu  meningkatkan keterampilan dan keahlian kita, dan mempersiapkan kita untuk menjadi pemimpin atau manajer yang lebih efektif.

Pertanyaaan-pertanyaan seputar Management trainee (MT) :

Berapa jumlah gaji di Management trainee (MT) ?

Untuk gaji bervariasi disetiap perusahaan,tetapi jika dapat perusahaan besar,yang pasti gaji diatas rata-rata lulusan Fresh Graduate di industri lainya. Sebagai bocoran diangka sekitar 6 sd 10 jutaan.

Berapa lama program Management trainee (MT)  dan setelah lulus kemana?

Lama program Management trainee (MT) biasanya paling sedikit 1 Tahun. 6 Bulan pertama biasanya mempelajari proses bisnis dan belajar di kelas,sementara sisanya kalian akan di terjunkan kelapangan (On The Job) dengan dibawah pendampingan.

Jika kalian dinyatakan lulus,maka kalian akan di kontrak beberapa tahun atau diangkat karyawan tetap dengan level junior. dan kalian harus siap dikirim kemanapun dilokasi perusahaan,ke Kalimantan atau bahkan ke Papua sekalipun. 

Apa saja yang dikerjakana selama Management trainee (MT) ?

Kalau ini tergantung dari bidang yang kalian ikuti ya,kalau dibidang akunting-keuangan,ya kalian fokusnya disitu,mempelajari dan menganalisa (tajam)  data di Excel dan di program.

Lain lagi kalau dibidang lapangan/agronomi. kalian harus mempelajari proses kerja SOP di  bidang tanaman dan pabrik. kalian juga akan belajar membawahi karyawan panen dan perawatan dan mengatur jadwal kerja yang baik.

Apakah ada kesempatan bekerja di kantor Regional atau Pusat?

Peluang selalu terbuka,namun jangan berharap banyak. Lokasi kantor Regional ataupun di Head Office yang biasanya di berada di Kota memang menjadi dambaan bagi sebagian peserta Management trainee. Namun hanya sebagian kecil saja yang bernasib beruntung ditempatkan di kantor regional sebagai staff Agronomi,Staff GM,Staff Akunting atau Staff Legal di kantor Regional.

Namun itu kembali lagi ke keputusan keputusan perusahaan yang tidak bisa ditebak, karena sesungguhnya tujuan utama dari program MT adalah untuk ditempatkan di lokasi kerja perusaan di Site / Estate.

Tunjangan apa saja yang akan didapat?

Kalau tunjangan bisanya kalian akan mendapatkan tunjangan daerah, tunjangan motor dan bbm, Tunjangan rumah dinas atau mess berikut listrik dan air-nya. Dapat pembantu untuk cuci baju dan bersihbersih, dapat makan, bonus Tahunan,THR, dan lainya sesuai kebijakan perusahaan. 

Bagaimana makan dan tempat tinggalnya?

Untuk tempat tinggal ya secara otomatis di perumahan atau mess ya dengan segala fasilitas yang saya sebutkan diatas,begitu juga makanya,biasanya sudah disediakan kantin khusus karyawan staff.

Hiburan apakah yang ada kalau bosan di Site?

Kalau inisih tergantung dari lokasi site-nya, kalau dekat ke kota,kalian tinggal meluncur kekota di akhir pekan.

Demikianlah ulasan singkat Management trainee (MT) di perusahaan sawit. semoga kalian sedikit tercerahkan.
Hanaka
Hanaka Paham Kesehatan, tertarik dengan Bisnis,Financial, Technology,Otomotif, Fashion & Beauty,Culinary.

Posting Komentar untuk "Gambaran Management Trainee (MT) di Perusahaan Sawit"