Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bocoran Gaji di Perkebunan Kelapa Sawit 2024


Bagi anda yang berminat bekerja di industri perusahaan sawit,munkin anda bertanya-tanya berapakah  gaji yang akan saya terima bila bekerja diperkebunan kelapa sawit ?

Untuk menjawab rasa penasaran anda,maka saya akan membocorkan rahasia kisaran gaji di perusahaan kelapa sawit atau plantations. Besaran gaji di setiap perusahaan sawit itu beragam, tergantung dari wilayah dan kemampuan keuangan perusahaan.

Sebagai contoh, besaran gaji di perkebunan kelapa sawit didaerah Papua itu lebih tinggi dari  besaran gaji di daerah kalimantan ataupun sumatera. dan Besaran gaji dikalimantan lebih besar dari besaran gaji di Sumatera. Penyebab perbedaan tersebut adalah ketersediaan pasar tenaga kerja dan biaya hidup di lokasi. Didaerah Papua misalnya, kebutuhan tenaga kerja ahli dibidang sawit disana tinggi,namun ketersediaan tenaga kerja terbatas sehingga perusahaan harus mencari dari luar daerah tentu saja dengan di imingi gaji yang tinggi. Selain itu biaya hidup disana juga tinggi, ditambah lagi mungkin jika lokasi perusahaan rawan konflik.

Besaran Gaji Staff Kantor HO di Perusahaan Sawit

Karyawan HO atau head Office adalah karyawan yang berada di kantor pusat sebuah perusahaan sawit. Kantor pusat biasanya terdapat di Kota seperti Jakarta,Medan,Pekanbaru,Pontianak,dll. Berikut ini daftar gaji karyawan perusahaan sawit yang berada di kantor pusat :

NoJabatanGaji
1Staff Accounting/Finance6 - 8 jt
2Staff Agronomi6 - 8 jt
3Staff HRD6 - 8 jt
4Staff Traksi6 - 8 jt
5Staff Civil Engineer6 - 8 jt
6Staff Purchasing/PPIC6 - 8 jt
7Staff Marketing6 - 8 jt
8Staff Legal6 - 8 jt
9Supervisor/SPV9 - 12 jt
10Manager13 - 20 jt

Besaran Gaji Staff Estate di Perusahaan Sawit

Karyawan Estate atau Mill adalah karyawan yang berada di area perkebunan dan pabrik kelapa sawit. Karena tempatnya yang kadang terpencil dan pedalaman,maka selain menerima Gaji Pokok,Karyawan juga biasanya akan mendapatkan berbagai macam fasilitas seperti Tunjangan Uang makan,Perumahan,Gas/LPJ,Tunjangan BBM,dll. Berikut ini besaran gaji karyawan yang ditempatkan di Lokasi :

NoJabatanGaji
1Asisten Lapangan/Agronomi7 - 9 jt
2Asisten PKS7 - 9 jt
3Asisten GIS/Surveyor7 - 9 jt
4Asisten LA/Pemitra/HSE7 - 9 jt
5Asisten Civil Engineer7,5 - 9,5 jt
6Asisten Mekanik7,5 - 9,5 jt
7KTU - Kebun7 - 9 jt
8Kordinator / KTU9,5 - 11 jt
9Asisten Kepala / Askep (All)11 - 13 jt
10Estate Manager14-19 jt
11RC/GM28-40 jt

Besaran Gaji Non Staff Estate di Perusahaan Sawit

Karyawan non staff adalah buruh atau karyawan langsung berhubungan dengan proses produksi. gaji karyawan level ini biasanya berpatokan terhadap UMP/UMK setempat. Sistem gaji karyawan level ini biasanya berdasarkan kerja harian dan bulanan. Adapun tunjangan yang didapat biasanya berupa natura/uang catu beras dan bantuan BBM untuk mandor.

NoJabatanGaji
1Tenaga PerawatanUMP/UMK
2Tenaga PanenUMP/UMK
3Krani/AdminUMP/UMK
4MandorUMP/UMK

FAQ

Apasaja fasilitas yang didapat selain gaji di perusahaan sawit?

Tentu saja ada,fasilitas yang umum didapat adalah Tiket cuti,Uang Makan,Perumahan/Mess,Kendaraan Motor untuk asisten,dan Mobil untuk Manager,BBM,dll.

Apakah fasilitas-fasilitas tersebut dapat diuangkan?

Tentu saja bisa,tetapi tidak semuanya.Misalnya saja jika anda makan di kantin,maka uang makan anda dikelola oleh ibu kantin. Atau jika BBM diberikan dalam bentuk jatah BBM,tentu anda tidak akan mendapatkan uang BBM.

Apakah ada kenaikan gaji berkala di perusahaan sawit?

Untuk kenaikan gaji tergantung dari prestasi kerja,kebijakan dan kondisi keuangan perusahaan tempat anda bekerja.

Apakah ada bonus tahunan di perusahaan sawit?

Untuk Bonus lagi lagi tergantung dari kondisi keuangan perusahaan,namun yang pasti akan anda dapatkan adalah THR yang sifatnya wajib.

Bagaimana agar mendapatkan gaji yang tinggi di perusahaan sawit?

Agar anda mendapatkan gaji yang tinggi jika bekerja di perusahaan sawit, maka anda harus meningkatkan skill dan pengalaman. Tidak jarang banyak karyawan sawit yang dibayar diatas standar karena skillnya sangat dibutuhkan.

Hanaka
Hanaka Paham Kesehatan, tertarik dengan Bisnis,Financial, Technology,Otomotif, Fashion & Beauty,Culinary.

Posting Komentar untuk "Bocoran Gaji di Perkebunan Kelapa Sawit 2024"